Rabu, 08 Juni 2016

faktor-faktor imk


Faktor Manusia (Pengguna)

Tiga faktor utama sistem komputer yaitu hardware, software, dan brainware.
Ketiga membagun IMK, aspek manusia harus terpikirkan dengan matang tidak hanya memikirkan aspek teknis dari sistem komputer saja. Namun bagaimana manusia menangkap data / informasi, bagaimana memproses dan mengolah data yang telah ditangkap.
Manusia dipandang sebagai sistem pemprosesan informasi
1.        Informasi / data ditangkap melalui sistem input – output (indra)
2.        Informasi disimpan dalam ingatan (memori)
3.        Informasi diolah dan diaplikasikan dalam berbagai cara
Kapasitas manusia dalam mengolah data / Iformasi memiliki reaksi yang berbeda – beda satu dengan yang lainnya, maka faktor inilah yang harus diperhatikan dalam merancang interface.

Saluran Input dan Output

Indra yang berhubungan dengan IMK  adalah
1.        Indra Penglihatan
2.        Indra Pendengaran
3.        Indra Sentuhan

Faktor Indra Penglihatan

Beberapa hal yang mempengaruhi mata menangkap data / informasi :
1.     Luminas (Luminance)
2.     Kontras
3.     Kecerahan
4.     Sudut dan Ketajaman Penglihatan
5.     Warna (Aspek : psikologi, perceptual, kongnitif)

Faktor Indra Pendengaran

1.        Suara adalah salah satu elemen untuk penyebaran informasi yang secara lengkap lewat proses pendengaran
2.        Manusia mampu mendengar lewat getaran dan gelombang yang dimediasi oleh udara
3.        Batas pendeteksian suara oleh manusia : 20 Hertz sampai dengan 20 kilo Hertz

Faktor Indra Sentuhan

1.        Kulit adalah indra yang dimiliki manusia yang berfungsi untuk mengenal lingkungan dari sentuhan
2.        Sentuhan dikaitkan dalam bentuk media input maupun output
3.        Feedbaek sentuhan tidak dijadikan sebagai aspek penyaji dan pengolah informasi tetapi lebih sebagai perangkat pendukung

Memori Manusia

Digunakan sebagai tempat penyimpanan informasi dan dapat di sajikan dalam bentuk ingatan

Jenis / Fungsi Memori
1.        Tempat penyaringan (sensor)
2.        Tempat memproses ingatan (memori jangka pendek)

3.        Tempat memproses ingatan (memori jangka panjang)

Ket :
1.     Iconic : Menerima rangsangan penglihatan
2.     Echonic : Menerima rangsangan pendengaran
3.     Haptic : Menerima rangsangan sentuhan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar